Bodeh jadi Centra Jahe Emprit

Bodeh.desaku- Sudahkah Anda mengenal tanaman jahe emprit! Jahe emprit adalah salah satu jenis jahe yang memiliki ukuran kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe yang satu ini memang cukup banyak peminatnya di pasaran. Manfaat jahe emprit memang cukup banyak dan berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di pasaran permintaan jahe emprit memang terbilang sangat tinggi jika di bandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Kebutuhan jahe emprit yang terus meningkat namun stok yang ada memang tidak tinggi. Ini tentunya membuka peluang usaha budidaya jahe emprit yang menjanjikan. Permintaan jahe emprit ini memang tidak datang dari kebutuhan dalam negeri saja melainkan di luar negeri pula. Sehingga jika Anda membudidayakan jahe emprit ini tentunya akan sangat menjanjikan.

Melihat peluang tersebut, Desa Bodeh dan dua desa lainnya yaitu Pendowo serta Kebandungan mencoba untuk mengembangkan budidaya tanaman jahe yang mana bekerjasama dengan PT. Azma Agro Nusantara dengan target 150.000 polybag. Selain itu Petani 3 desa tersebut dibawah naungan PAC GP Ansor Kec. Bodeh untuk mengembangkan Budidaya tanaman jahe di kebun serta pekarangan rumah yang dimanfaatkan sebagai tempat media polybag. Tanaman jahe yang memiliki masa panen selama 10 – 12 Bulan ini diharapkan dapat menjadi tambahan perekonoiman serta pemberdayaan masyarakat sekitar.

Dengan adanya kerjasama ini PT. Azma Agro Nusantara mendampingi penuh sampai dengan panen dan selanjutnya diharapkan petani kedepan dapat mandiri didalam pengelolaan dan perawatan tanaman jahe. (Pn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*