Kirab Pataka Hari Jadi Pemalang ke 442

Bodeh.desaku  – Masyarakat Pemalang tumplek blek di sepanjang jalan Sungapan menuju Paduraksa, belok ke utara menuju jalan Gatot Subroto, Jl. A. Yani sampai Jl. Sudirman mengelilingi alun alun Pemalang masuk ke Pendopo Kabupaten Pemalang. Masyarakat menyambut Kirap Pataka dan rombongan Bupati dan wakil bupati Pemalang dalam rangka hari jadi Kabupaten Pemalang ke 442, Selasa (24/1)

Selanjutnya masyarakat Pemalang dan pelajar se pemalang menyambut Kedatangan bupati dan wakil bupati Pemalang Bersama Pataka Pemalang di jl. Gatot Subroto tepatnya mulai SMP Negeri 3 Pemalang sampai depan SMA Negeri 1 Pemalang untuk melaksanakan Kirab budaya.

Kirab budaya di ikuti oleh ribuan pelajar dan masyarakat umum. Menampilkan berbagai kreasi seperti tari selendang Pemalang, kreasi busana, hadroh, gending, drum band dll.

                                                         Kirab Pataka

Iring – Iringan Kirab Pataka dan Kirab budaya ini diawali dengan pembawa Pataka Pemalang, di susul prajurit pasukan bregodo patang puluhan. Selanjutnya kereta Kyai Seta Mraman yang dinaiki oleh bupati Pemalang berserta istri, dikawal pula pasukan prajurit tombak patang puluhan. Wakil bupati Pemalang H. Martono bersama istri menaiki kereta Kyai turangga di lanjutkan komunitas tosan Aji kolowenang dan diiringi oleh gending Gamelan monggang. Selanjutnya para pelajar dan masyarakat umum mengikuti Kirab budaya dari berbagai sekolah dan masyarakat yang mengeluarkan seni dan kreasi nya masing masing.

Menurut bupati Pemalang, Kirab Pataka ini merupakan simbol eksitensi Kabupaten Pemalang yang sudah ada semenjak 442 tahun yang lalu. Oleh karena itu dengan spirit Pemalang Puserejawa kita wujud kan Pemalang Hebat.

Kirap Pataka dan Kirab budaya selanjutnya di laksanakan sidang istimewa DPRD Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan di pendopo Kabupaten Pemalang.

 

Sumber: www.harianpemalang.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*